banner image

Ciri-ciri Kanker darah atau Leukemia yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri Kanker darah atau Leukemia

Tips Agar Sehat. Kanker darah atau leukemia merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel-sel yang berfungsi menghasilkan sel darah putih pada sumsum tulang belakang. Akibat kanker yang menyerang bagian tersebut, sumsum tulang belakang memproduksi sel darah putih secara tidak normal. Bila seharusnya sel darah putih akan diproduksi bila tubuh memerlukan sel darah putih untuk menjaga kondisi tubuh dari serangan penyakit misalnya infeksi atau virus. Namun karena terkena kanker, maka sel darah putih tetap diproduksi oleh sumsum tulang belakang meskipun tubuh sedang tidak membutuhkannya. 

Selain kanker darah atau leukemia, kelebihan sel darah putih juga akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang. Beberapa akibat dari kelebihan sel darah putih diantaranya:
  • Penyakit Kardiovaskular: Menurut hasil study yang dimuat di Healthday News menyatakan bahwa mereka (baik pria maupun wanita) yang memiliki jumlah sel darah putih di atas normal bisa menghadapi peningkatan risiko kematian pada usia dini, terutama dari penyakit kardiovaskular. Dr. Carmelinda Ruggiero dari US National Institute on Aging menyatakan bahwa “Risiko kematian kardiovaskular meningkat secara progresif dengan peningkatan jumlah sel darah putih.”
  • Kanker payudara: Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah sel darah putih yang lebih tinggi dari rata-rata dapat menyebabkan peningkatan risiko pengembangan kanker payudara pada wanita, terutama  pasca menopause.
Di Indonesia, penyakit leukemia atau kanker darah umumnya diderita oleh anak muda dan juga anak-anak. Hal yang mengkhawatirkan memang bila mengingat usia yang sering terkena kanker darah atau leukemia.


Hal membuat setiap orang tua merasa khawatir terhadap kondisi anaknya, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keturunan kanker darah atau leukemia. Pada dasarnya, ciri-ciri kanker darah leukemia tidak mudah dikenali karena ciri-ciri yang ditunjukkan memang tidak terlalu jelas. 

Meskipun begitu, sebaiknya para orang tua harus tetap waspada dan berusaha untuk mengenali bagaimana gejala kanker darah dan juga ciri-ciri kanker darah yang ditimbulkan. 

Kenapa hal ini harus dilakukan oleh setiap orang tua?
Leukemia atau kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang susah disembuhkan. Bahkan, bila kondisi sudah parah akan berakibat fatal bagi kesehatan anak Anda. 

Dengan Anda mengetahui berbagai macam informasi seputar kanker darah baik gejala, ciri-ciri dan awal mula kanker ini menyerang, Anda akan dapat mendeteksi sedini mungkin kanker darah ini. Harapannya, dengan deteksi dini melalui ciri-ciri kanker darah, pengobatan dan pencegahan pada tahap awal akan mudah dilakukan. Harapan sembuh juga akan semakin besar jika ditangani dengan benar sejak dini.

Ciri-ciri Kanker Darah atau Leukemia Secara Umum

Meskipun setiap anak akan berbeda ciri-ciri yang ditunjukkan, namun secara umum ciri-ciri kanker darah dapat diketahui melalui  gejala umum seperti berikut ini
  • Mudah merasa lemah, letih, lesu tanpa alasan yang jelas
  • Sering merasa pusing
  • Sering merasa demam atau malah keringat dingin
  • Tiba-tiba sering mendapat infeksi yang sulit hilang atau selalu datang kembali
  • Mudah muncul luka-luka atau memar
  • Muncul bentol-bentol murah pada kulit
  • Berkeringat yang berlebihan, terutama pada malam hari
  • Pendarahan, seperti jadi sering mimisan dan gusi berdarah
  • Kehilangan selera makan
  • Berat badan secara signifikan tanpa diniati
  • Rasa sakit atau nyeri pada tulang atau persendian

Ciri-ciri kanker darah lain yang seringkali muncul

Mengetaui gejala dan ciri-ciri kanker darah dapat dilakukan dengan pemeriksaan penyakit-penyakit lain yang seringkali muncul. Biasanya, penyakit yang sifatnya periodic dan tidak wajar dapat Anda jadikan sebagai tanda bahaya. Karena itu, perlu kiranya Anda waspada mengenai ciri-ciri kanker darah yang ditunjukkan dengan kemuculan beberapa penyakit lain. Karena bukan tidak mungkin keberadaan penyakit-penyakit lain yang menyerang anak Anda merupakan tanda bahwa kanker darah sedang mengincar anak Anda.

Beberapa penyakit yang dapat dijadikan sebagai indikasi adanya kanker darah dalam tubuh diantaranya:
  • Anemia: merupakan suatu kondisi tubuh dimana jumlah sel darah merah berada di bawah batas normal. Sel darah merah dalam tubuh sangat penting sekali, terutama untuk membawa dan memasok kebutuhan oksigen dari setiap organ tubuh. Oleh karena itu, bila tubuh kekurangan sel darah merah akan menyebabkan tubuh sering merasakan lemas, letih, lesu, sesak napas dan gejala lain yang ditimbulkan akibat kekurangan sel darah merah.
  • Leukopenia: Kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah sel darah putih . Sel darah putih  bertugas memerangi infeksi. Kekurangannya akan menyebabkan pertahanan kekebalan tubuh melemah sehingga Anda lebih rentan mengalami infeksi.
  • Trombositopenia: merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan trombosit. Dalam tubuh, trombosit berperan sebagai pembekuan darah bila terjadi luka. Bila seseorang kekurangan trombosit, tubuh akan gampang sekali memar atau berdarah.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening: Dalam beberapa kasus, tanda-tanda kanker darah mungkin termasuk pembengkakan yang terlihat di leher, ketiak, atau pangkal paha. Hal ini terjadi ketika kanker darah sudah menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Pembesaran hati atau limpa: Penumpukan dari sel-sel darah yang abnormal di hati atau limpa dapat menyebabkan rasa kenyang (kehilangan selera makan) atau bengkak di sisi kiri atas perut.
  • Sindrom myelodysplastic (MDS): Kondisi dimana sumsum tulang tidak memproduksi cukup sel darah yang normal bagi tubuh. Beberapa kasus MDS dapat berkembang menjadi kanker darah, umumnya jenis leukemia mielositik akut.
Sekali lagi yang harus diingat bahwa ciri-ciri kanker darah tidak mudah dikenali. Bahkan, penderitanya sekalipun terkadang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengidap kanker darah. Hal ini disebabkan karena gejala kanker darah pada tahap awal mirip sekali dengan gejala flu atau penyakit ringan lainnya.

Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan mengetahui secara pasti informasi seputar kanker darah baik dari gejala, ciri dan penyebabnya. Dengan pengetahuan sedini mungkin mengenai kanker darah, maka akan memudahkan dalam melakukan tindakan yang tepat untuk mencegah ataupun mengobati saat masih dini. 

Pada artikel ini, telah dituliskan beberapa ciri-ciri kanker darah yang dihimpun dari berbagai sumber sebagai informasi dasar agar Anda lebih paham. 

Bila Anda mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, tidak ada salahnya untuk sekedar melakukan medical check up untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Bila Anda sudah benar-benar merasa curiga terhadap kondisi kesehatan tubuh Anda dari ciri-ciri kanker darah yang disebutkan tadi, saran yang paling bagus adalah “Jangan pernah menunda untuk mencegah atau mengobati sejak dini”

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah periksa. Pengobatan sejak dini akan memberikan harapan besar terhadap kesembuhan dari segala macam penyakit.

Bila Anda memutuskan untuk melakukan pengobatan secara herbal sembari menunggu hasil medis, maka hati-hati. Konsultasikan setiap ramuan yang akan Anda minum kepada yang benar-benar ahlinya.

Semoga artikel mengenai ciri-ciri kanker darah atau leukemia ini dapat membantu Anda menjadi lebih mawas diri dan tanggap terhadap setiap gejala penyakit yang nampak pada tubuh Anda.

Baca juga: Gejala dan Penyebab kanker darah
Ciri-ciri Kanker darah atau Leukemia yang Harus Diwaspadai Ciri-ciri Kanker darah atau Leukemia yang Harus Diwaspadai Reviewed by Tamman Firdaus Muqarrobin on Desember 18, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.