banner image

Jenis Penyakit Kanker di Dunia yang Perlu Anda Ketahui


Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena anomali pertumbuhan sel dalam jaringan yang ada di tubuh. Untuk lebih jelasnya, dapat anda baca pada artikel definisi kanker

Kanker bisa menyerang beberapa bagian tubuh, dan biasanya penamaan kanker disesuaikan dengan jaringan tubuh atau organ tubuh yang mengalami anomali pertumbuhan sel

Anda mungkin hanya mengenal beberapa jenis kanker yang secara umum pernah Anda dengar di masyarakat. Tapi akapah kanker hanya itu saja jenisnya? Tidak.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis kanker yang mungkin perlu Anda ketahui. Apakah hal ini perlu? Yah itu tergantung persepsi masing-masing orang. 

Dari berbagai sumber yang kami himpun, setidaknya ada 23 macam jenis penyakit kanker yang pernah menyerang manusia. Pengenalan 23 macam jenis penyakit kanker ini akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar penyakit kanker yang notabene pembunuh yang paling mengerikan.


23 Macam Jenis Penyakit Kanker yang perlu diketahui

Kanker Darah atau Leukemia
Leukimia merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel penghasil sel darah putih. Kanker ini menyerang sumsum tulang belakang seseorang. 

Akibat terjadinya anomali pertumbuhan sel (kanker) pada sumsum tulang belakang, menyebabkan sel darah putih diproduksi secara terus menerus meskipun tubuh tidak membutuhkannya. Sehingga pada pengidap kanker jenis ini akan memiliki jumlah sel darah putih yang berlebih

Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi sel darah putih bila sedang membutuhkannya. Misalnya pada saat ada infeksi di dalam tubuh.

Kanker Hati
Jika melihat dari penamaannya, maka kanker ini adalah kanker yang menyerang organ hati manusia. Kanker hati itu sendiri memiliki berbagai macam tipe yang dibedakan antara pria dan wanita. 

Namun secara umum, kanker hati digolongkan pada dua kategori besar. Pertama adalah kanker hati primer dimana anomali sel pertama kali terjadi pada organ hati. 

Sedangkan kanker hati sekunder merupakan kanker hati yang awal mulanya terjadi pada organ atau jaringan tubuh yang lain kemudian merambat dan menyerang hati.

Kanker Kulit Melanoma 
Melanoma merupakan jenis penyakit kanker kulit yang awalnya menyerang kulit kemudian menyebar menyerang organ-organ lain dalam tubuh.

Kanker kulit melanoma biasanya ditandai dengan kemunculan tahi lalat pada permukaan kulit. Apakah hal ini berbahaya? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Tergantung bagaimana pertumbuhan tahi lalat yang ada pada kulit Anda. Bila ukurannya terus membesar, bisa jadi itu akan membahayakan kondisi kesehatan Anda. 

Biasanya tahi lalat akan muncul pada seluruh bagian tubuh, namun yang paling sering adalah bagian tangan, wajahm punggung dan kaki.

Kanker Lambung
Kanker lambung merupakan jenis kanker yang menggerogoti lambung, yaitu organ di dalam rongga perut manusia yang menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan. Penyakit ini dapat diidap oleh orang-orang pada segala usia, meski sebagian besar penderitanya berusia 55 tahun ke atas.

Kanker Lidah
Kanker lidah merupakan jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Jenis kanker lidah ini dikenal dengan istilah karsinoma sel skuamosa.

Kanker Mulut
Kanker mulut merupakan jenis kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Misalnya pada lidah, gusi, bibir, dinding mulut, serta langit-langit mulut. Kanker ini dapat menyebar secara langsung ke jaringan-jaringan di sekitar mulut atau melalui kelenjar getah bening.

Kanker Mata
Kanker mata merupakan jenis kanker yang jarang terjadi dan bisa menyerang bagian luar mata (misalnya, kelopak mata) atau bagian dalam mata (kanker intraokular). Selain itu, kanker ini juga bisa terjadi akibat penyebaran dari kanker pada organ lain.

Kanker Otak
Tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tidak semua tumor otak bersifat ganas sehingga bisa dikategorikan sebagai kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang.

Tumor otak primer adalah tumor yang berawal di otak. Sebagian besar tumor otak ganas adalah kanker sekunder, yang berarti bahwa sel kanker awalnya bermula di organ tubuh lain dan kemudian menyebar ke otak.

Kanker Ovarium
Kanker ovarium adalah kanker yang tumbuh pada indung telur atau ovarium.Kanker ini paling sering menyerang wanita yang sudah mengalami masa menopause atau umumnya berusia 50 tahun ke atas. Walaupun begiut kanker ovarium dapat diidap oleh semua wanita pada segala usia.

Kanker Pankreas
Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Kanker pankreas merupakan penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya tumor di dalam pankreas. Kanker pankreas bisa dialami oleh pria maupun wanita, dan biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut atau di atas 75 tahun.

Kanker Paru-Paru
Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi. Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas. Tapi kemudian gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan,dan penurunan berat badan akan muncul.

Kanker Payudara
Seperti namanya, kanker payudara ini akan menyerang bagian payudara. Biasanya yang paling sering terkena kanker jenis ini adalah para wanita. Apakah kaum pria tidak mungkin terkena kanker payudara? Kanker payudara pada pria sangat jarang sekali terjadi. Bilapun itu terjadi, kasusnya bisa dibilang 1:100 atau 1juta.

Gejala klinis yang menandakan ada kanker pada payudara Anda dapat berupa:
  • Benjolan pada payudara: Benjolan di payudara yang menandakan bahwa terdapat tumor merupakan benjolan yang tidak menimbulkan rasa nyeri. Ketika disentuh, benjolan di payudara akan terasa padat dan tidak bergeser. Awalnya memiliki ukuran yang kecil dan semakin lama akan semakin membesar. 
  • Erosi atau eksema puting susu: merupakan suatu keadaan dimana puting susu tertarik ke dalam. Eksema pada puting susu akan menyebabkan warna puting susu berubah warna menjadi merah muda atau kecoklat-coklatan sampai menjadi oedema hingga kulit kelihatan seperti kulit jeruk (peau d'orange), mengkerut, atau timbul borok (ulkus) pada payudara. 
  • Keluarnya cairan (Nipple discharge): merupakan keluarnya cairan dari puting susu yang terjadi secara spontan dan tidak wajar. Seorang wanita yang sedang tidak hamil, menyusui dan mengkonsumsi pil kontrasepsi akan tetapi mengeluarkan cairan, maka harus mewaspadai hal tersebut. 

Kanker Prostat
Kanker prostat adalah kanker yang tumbuh pada bagian prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis.

Kanker Rahim
Kanker rahim atau yang juga sering disebut dengan kanker endometrium adalah penyakit kanker yang biasanya menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau dalah istilah medisnya yaitu endometrium. Kanker ini juga dapat menyerang otot-otot di sekitar rahim sehingga membentuk sarkoma uteri. Tetapi jenis penyakit ini sangat jarang terjadi.

Kanker Serviks
Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause.

Kanker Tenggorokan
Kanker tenggorokan adalah tumor yang tumbuh dan berkembang di tenggorokan, sekitar faring, laring, atau tonsil. Sama seperti kanker mulut dan lidah, sebagian besar kanker tenggorokan yang dialami pasien memiliki jenis karsinoma sel skuamosa.

Kanker Testis
Kanker testis adalah kanker yang terjadi ketika sel-sel mulai tumbuh secara abnormal pada bagian testis. Kanker testis adalah jenis kanker yang cukup langka, tapi kondisi ini paling sering menjangkiti pria pada usia 15-49 tahun.

Kanker Tiroid
Kanker tiroid adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kanker tiroid merupakan sejenis kanker yang cukup jarang terjadi dan biasanya mudah disembuhkan jika diketahui sejak awal.

Kanker Tulang
Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Kanker tulang terbagi menjadi dua, yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Dinamakan kanker tulang primer adalah penyakit kanker yang apabila kanker tersebut muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder adalah kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menjalar ke tulang.

Kanker Usus Besar
Kanker usus besar adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Penyakit ini dapat diidap oleh segala usia, meski 90 persen penderitanya berusia di atas 60 tahun.

Kanker Vagina
Kanker vagina ini bisa dibilang merupakan jenis kanker yang langka. Secara umum, terdapat dua jenis kanker vagia, yaitu kanker vagina sekunder yang diawali dari kanker pada bagian tubuh lain kemudian menjalar menuju vagina. Dan yang kedua adalah kanker vagina primer, dimana kanker pertama kali muncul pada area vagina.

Limfoma
Limfoma adalah kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan noda limfa atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Sistem limfatik termasuk bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Multiple Myeloma
Multiple myeloma atau myeloma adalah jenis kanker yang menyerang sel plasma pada tulang sumsum penderita, yaitu ketika pertumbuhan jumlah sel myeloma lebih banyak dari jumlah sel darah sehat. Sehingga, alih-alih memproduksi protein penghasil antibodi pencegah infeksi penyakit, sel kanker ini justru memproduksi protein abnormal yang akhirnya merugikan.

Begitu banyak jenis kanker yang dapat menyerang tubuh manusia. Jadi jangan berpikir bahwa bila kondisi tubuh Anda prima akan terhidar dari penyakit kanker. Pendapat semcam itu tidak sepenuhnya benar bila orang tersebut tidak memperhatikan gaya hidup dan pola makan. Karena segala penyakit berawal dari apa yang kita makan. Semoga dapat menambah wawasan Anda seputar jenis kanker yang ada di dunia.
Jenis Penyakit Kanker di Dunia yang Perlu Anda Ketahui Jenis Penyakit Kanker di Dunia yang Perlu Anda Ketahui Reviewed by Tamman Firdaus Muqarrobin on Desember 09, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.