banner image

Pahami Arti Kanker yang Sesungguhnya

kanker

Hampir semua orang mengerti akan bahaya kanker. Namun, beberapa diantara mereka kadang terkesan cuek terhadap penyakit kanker meskipun sudah tahu bahaya yang mengintai dirinya.

Kenapa bisa begitu? Mungkin mereka beranggapan bahwa kanker dapat disembukan dengan jalan operasi.

Apa tidak ngeri? jujur saja saya sangat ngeri bila mendengar kata operasi.

Apa sih sebenarnya kanker itu?

Dari berbagai sumber yang saya cari, definisi kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan karena kelainan pertumbuhan sel. Sel-sel yang ada di dalam tubuh seseorang mengalami pertumbuhan yang tidak wajar atau anomali.

Beberapa istilah seputar kanker yang mungkin perlu kamu ketahui diantaranya adalah
Menurut National Cancer Institute tahun 2009, kanker merupakan suatu istilah untuk penamaan penyakit akibat sel-sel membelah secara abnormal tanpa terkontrol dan dapat menyerang jaringan lain disekitar pusat kanker di dalam tubuh.

Menurut Price dkk, kanker merupakan istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan neoplasma ganas, dan ada banyak tumor atau neoplasma lain yang tidak memiliki sifat kanker.

Apa neoplasma itu?

Secara harfiah, neoplasma diartikan sebagai pertumbuhan baru dimana pertumbuhan yang dimaksud tersebut tumbuh secara berlebihan jika dibandingkan dengan jaringan normal.

Jika demikian, apakah tumor dan kanker itu adalah hal yang sama?
Hanya sedikit orang benar-benar memahami akan arti tumor dan kanker yang sebenarnya. Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya memberikan sebuah gambaran mengenai perbedaan kanker dan tumor yang seringkali terjadi salah paham dikalangan masyarakat.

Tumor, pada dasarnya merupakan pembengkakan pada jaringan tubuh yang mengalami peradangan dan pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Secara umum, tumor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tumor ganas dan tumor jinak.

Perbedaan keduanya lebih ditekankan pada kecepatan pertumbuhan jaringan yang abnormal tadi. Bila pertumbuhannya sangat cepat, maka tumor tersebut masuk ke dalam kategori tumor ganas, dan juga sebaliknya.

Apakah tumor jinak bisa berubah menjadi ganas? perubahan semacam ini sangat dimungkinkan sekali terjadi. Tergantung seberapa besar pemicu yang menyebabkan tumor jinak berubah menjadi tumor ganas. Beberapa pendapat menyatakan bahwa mutasi gen dalam DNA yang terjadi secara abnormal akan menjadikan tumor jinak berubah menjadi tumor ganas. Perubahan ini sangat bergantung pada kondisi tubuh seseorang. Bisa singkat bisa juga dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Pada dasarnya, tumor ganas merupakan cikal bakal munculnya kanker pada tubuh seseorang. Kembali lagi saya tekankan bahwa tumor muncul pada tubuh seseorang disebabkan karena mutasi DNA di dalam sel. Mutasi tersebut akan menyebabkan pembelahan sel secara berlebihan sehingga menyebabkan benjolan pada jaringan yang mengalami anomali pertumbuhan.

Apakah mutasi DNA itu berbahaya bagi tubuh manusia? 
 Mutasi DNA akan berbahaya bila terjadi tanpa terkontrol. Kebesaran Allah disini berlaku. Dalam tubuh seseorang sebenarnya telah memiliki sistem alami yang akan memperbaiki DNA yang rusak. Bila pada saat mutasi, DNA mengalami kerusakan maka sel akan merusak dirinya sendiri dengan cara apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

Terus apakah hubungan antara tumor dan kanker?
Kanker merupakan istilah penamaan untuk menamakan golongan penyakit yang disebabkan karea pembelahan sel yang tidak terkendali.

Tidak hanya membelah, akan tetapi sel-sel yang abnormal tersebut memiliki kemampuan untuk menyerang jaringan tubuh yang lainnya. Cara sel tersebut menyerang sel normal lainnya adalah dengan cara pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis).

Pertumbuhan sel yang tidak dapat dikendalikan tersebut akibat adanya kerusakan pada DNA pada saat mutasi. Kerusakan pada DNA juga akan menyebabkan mutasi pada gen-gen vital yang bertugas untuk mengontrol pembelahan sel yang terjadi di dalam tubuh.

Tidak semua mutasi akan berdampak buruk pada kondisi tubuh. Ada beberapa mutasi yang memang diperlukan untuk menjaga kestabilan, seperti halnya mutasi yang berguna untuk mengubah sel kanker menjadi sel normal.

Hal ini sangat berbeda dengan benign tumor (tumor jinak) yang tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase, tapi secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Bagi Anda yang selalu menyepelekan kesehatan tubuh, sebaiknya perhatikan hal ini. Beberapa kasus terkait kanker memang lebih sering menyebabkan kematian. Pada negara-negara berkembang dan maju, kanker merupakan salah satu penyebab utama kemaitan.

Meskipun beberapa jenis kanker dapat disembuhkan, akan tetapi banyak pula jenis kanker yang tidak dapat disembuhkan. Bila Anda melakukan perawatan sejak dini, kemungkin sembuh dari penyakit kanker sangat besar sekali. Namun bila Anda cuek, maka itu akan mendapatkan cerita yang berbeda.

Kanker tidak melulu disebabkan karena faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Faktor lingkungan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab munculnya kanker pada tubuh seseorang. Salah satunya yang paling umum adalah kebiasaan merokok. Merokok tembakau dapat menyebabkan banyak kanker dari faktor lingkungan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai dari sekarang hindari merokok baik aktif maupun pasif. Karena keduanya memiliki potensi yang sama-sama besarnya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.
Pahami Arti Kanker yang Sesungguhnya Pahami Arti Kanker yang Sesungguhnya Reviewed by Tamman Firdaus Muqarrobin on Desember 09, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.